5 Titik Penyelaman Keren di Raja Ampat

Saya sudah 2 kali ke Raja Ampat, dan dua-duanya gratis (uhuk!). Yang pertama dibayarin @ACIdetikcom tahun 2011, yang kedua dibayarin @divemag_indo belum lama ini. Dari dua kali kunjungan itu, ada 5 titik penyelaman yang menurut saya keren banget. Ini dia:

1. Myoskon

Myoskon terkenal dengan Wobbegong atau Hiu Karpet-nya. Wobbegong ini adalah salah satu jenis hiu yang punya corak unik kayak karpet India, dan paling banyak ditemui di area Raja Ampat. Kata orang, “Belum ke Raja Ampat kalo belum lihat Wobbegong.” Nah, kalo pengen ketemuan sama Wobbegong, nyelam aja di Myoskon, doski paling rame disini.

Selain Wobbegong, disini juga banyak schooling fish, tiap grup jumlahnya ratusan. Tapi hati-hati, jangan sampe salah entry. Tahun 2011 saat nyelam disini saya tidak bertemu dengan sebiji Wobbegong pun apalagi schooling fish gara-gara guide-nya salah turun. Adanya cuma hamparan karang putih yang berantakan kayak pola pikir Roy Sukro.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Wobbegong (Photo: @MayangPurwanto)

Wobbegong (Photo: @MayangPurwanto)

2. Cape Kri

Terumbu karang super sehat dan schooling fish seperti Barakuda, Tuna, Giant Trevally, suka berkumpul disini. Gerombolan Sweetlips berjumlah puluhan suka muncul tiba-tiba kayak Aa’ Azrax. Seorang marine biologist, Dr. Gerald R. Allen bilang gini: “On my last trip to Raja Ampat, I recorded 283 fish species during a single dive near the Kri Island resorts. This is the most fishes ever seen on a single dive over a career spanning almost 30 years.” Bayangkan! Sekali diving ketemu 283 jenis ikan hanya di satu titik penyelaman! Jadi jangan sampai melewatkan Cape Kri kalo ke Raja Ampat. Camkan.

Photo: @audreyjiwajenie

Photo: @audreyjiwajenie

Photo: @MayangPurwanto

Photo: @MayangPurwanto

3. P47

Saya adalah pecinta wreck dive, dan titik penyelaman P47 di pantai pulai Wai ini adalah salah satu favorit saya. P47 adalah pesawat tempur dari jaman Perang Dunia II ! Kondisinya masih utuh, bentuknya masih terlihat dengan jelas, dan dia terbaring dalam keadaan terbalik. Roda-roda pendaratannya sudah patah, tapi kita masih bisa menemukan 4 laras senapan mesin di masing-masing sayapnya. Diver yang pengen menyelam disini sebaiknya yang sudah berpengalaman, karena selain berarus, si P47 terletak di kedalaman 27-36 meter sehingga kadang-kadang batas “No Deco Time” suka bablas. Baca cerita selengkapnya tentang si P47 disini.

P47 Thunderbolt

P47 Thunderbolt

Laras Senjata P47 di Sayap Kiri

Laras Senjata P47 di Sayap Kiri

4. Manta Point

Ini adalah tempat Manta Ray (yang bentangan sayapnya kadang mencapai 4-5 meter) membersihkan tubuhnya dari parasit dan dosa-dosa. Iya, ini tempatnya Manta mandi junub.  Jumlah Manta yang datang ke cleaning station ini bisa mencapai 5 hingga 6 ekor. Divers yang ingin menonton keanggunan mereka wajib berlutut dan diam diluar garis batas dari batu-batu yang disusun oleh para dive guide Raja Ampat. Ini demi menjaga agar Manta tidak terganggu lalu kabur sebelum kelar bersih-bersih. All hail Manta!

Photo: @audreyjiwajenie

Photo: @audreyjiwajenie

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Photo: @MayangPurwanto

5. Mike’s Point

Pengen liat dive site yang “Raja Ampat Banget”? Turun disini. Gokil. Sudah 2 tahun sejak saya nyelam di Mike’s Point, tapi sampe sekarang saya masih takjub dan belum menemukan titik penyelaman lain yang sekaya doski. Ikan besar, ikan kecil, terumbu karang warna-warni, goa kecil, dan berbagai biota laut lainnya tumplek disini. RAME BANGET! Yang harus diwaspadai adalah arus disini kadang-kadang cukup kencang, dan ombaknya lumayan gede.

Photo: @audreyjiwajenie

Photo: @audreyjiwajenie

Photo: @audreyjiwajenie

Photo: @audreyjiwajenie

SEKIAN.

Advertisements

18 thoughts on “5 Titik Penyelaman Keren di Raja Ampat

  1. Pingback: 5 Titik Penyelaman Keren di Raja Ampat – A Sanctuary

  2. Terimakasih atas info-nya..pas ke Manta Point, naas banget gak ketemu manta, mungkin pada ngumpet :D
    Satu yg sebenarnya “missing” di sini: dive site untuk melihat walking sharks. Saya beruntung banget bisa ketemu walking sharks pas menyelam di Raja Ampat, tapi susahnya bukan main ketemu hiu satu ini, Kalau ada tip, mohon dibagi ;)
    Untuk wobbegong sebenarnya hampir di setiap dive site bisa ditemui hiu karpet ini. Apakah di Myoskon, jenis hiu karpetnya berbeda-beda ya?
    Kayaknya mesti balik lagi nih buat ngunjungi P47 ;) makasih info-nya.

    Like

    • waah sayang ya gak ketemu manta, mungkin kurang beruntung aja. saya harus dua kali nyelam di tempat yg sama baru akhirnya ketemu dan itu pun satu doang hahaha..
      kalo walking shark saya malah belum pernah ketemu sama sekali, mbak indah ketemunya di dive spot mana?
      kalo wobbegong, kayaknya mirip2 aja sih kalo di area raja ampat. saya pernah nemu juga di alor, corak kulitnya sama tapi “kumis”nya lebih jarang, gak selebat yang di raja ampat. next time ke raja ampat jangan lewatkan ke p47, keren banget!

      oh iya, salam kenal ya :D

      Liked by 1 person

      • kalo seneng manta, ke nusa penida deh. terakhir kali kesana ketemu 8 ekor manta sekali nyelam! dari yang remaja sampe mbah2 ada hahaha.. dive spotnya deketan sama dive spot buat liat mola-mola. btw blognya kereen :D

        Liked by 1 person

      • Iya..sebenernya udah melihat manta di Bali sama di komodo – cuman motretnya kurang sukses :D masih belajar soale..
        Waktu di Raja 4, itu kepengennya ketemu black manta yg konon suka seliweren di sana..emang ini mesti balik lagi, sekalian liat wreck diving :D

        Like

      • ooo udah pernah juga ternyata :D
        kalo memang seneng wreck, apalagi bertema perang dunia, wajib banget ke Morotai. wrecknya berseliweran di satu dive spot, dari truk militer sampe pesawat tempur ada semua :D

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s