Benarkah Ini Di Bunaken?

bunaken

Coba deh googling pake keyword “Bunaken,” terus klik tab “image.” Foto diatas pasti muncul paling pertama. Di banyak blog yang me-review tentang Bunaken, foto itu hampir selalu nongol. Bahkan, beberapa waktu lalu sebuah akun pariwisata @palingindonesia nge-twit tentang Bunaken dengan mencantumkan foto ini. Tapi, benarkah foto tersebut diambil di Bunaken?

Mari kita bahas dari segi teknis terlebih dahulu. Foto ini diambil dengan menggunakan teknik half-and-half, atau dikenal juga dengan istilah over-under. Untuk memotret “setengah underwater” ini dibutuhkan kamera ber-housing dengan dome super lebar. Dome pada lensa berfungsi untuk menghilangkan efek refraksi yang mengakibatkan benda terlihat lebih besar dan dekat 25% serta batas air menjadi terlalu tebal. Gitu lah pokoknya. Intinya, foto ini diambil dengan menggunakan set housing + port dome yang mumpuni.

Nah, kembali ke judul posting ini, benarkah lokasi foto itu di Bunaken? Bukan. Setidaknya gak 100%. Hasil penelusuran saya membuktikan bahwa foto ini aslinya adalah gabungan dari 2 foto. Ini dia yang pertama.

ikan

Foto diatas adalah foto Doublesaddle Butterflyfish hasil karya fotografer Jepang bernama Yukimasa Hirota yang mengisi bagian bawah air dari foto pertama. Identik, kecuali black spot di bagian ekornya yang diilangin. Urusan sepele bagi photoshop. Hirota belum pernah ke Bunaken, foto ini diambil di Tahiti. Yup, Tahiti, bukan Bunaken.

Berikutnya, foto langit dan pantai.

bunaken?

Mungkin foto ini sudah terlalu lama beredar di internet sehingga tidak bisa ditelusuri lagi siapa pemiliknya dan dimana lokasi persisnya. Hasil penelusuran di Tineye mengarah ke beberapa tempat, yaitu Bunaken, Maldives, Karibia, bahkan China! Data exif-nya pun tidak ada, sehingga saya berkesimpulan bahwa foto ini diambil sebelum jaman kamera digital. Tapi saya ragu kalo pulau kecil disana adalah Bunaken. Kenapa? Karena Bunaken adalah pulau besar, dan vegetasi di pantainya cukup rapat. Selain itu, bagian pesisir pantai Bunaken tidak selandai ini. Setidaknya, pada jarak si pemotret memencet shutter pada foto itu, seharusnya dia sedang berdiri diatas karang. Kecuali dia sedang berada di bagian dermaga utama, yang tentunya penuh kapal dan restoran.

Jadi ini dimana? Tahiti, Maldives atau Karibia jauh lebih masuk akal.

Advertisements

13 thoughts on “Benarkah Ini Di Bunaken?

  1. gelo sia, jelas bukan bunaken
    atasnya bunaken ga kayak gini dan yes ga sekecil ini
    gitu kok ya semena-mena sotosopan gabungin gambar n claim ini bunaken
    penyesatan masyarakat

    Like

  2. yang dimaksud Bunaken atau Taman Nasional Bunaken yang punya 5 pulau? Kalau yang dimaksud pulau Bunaken, mungkin ini di bagian belakang pantai Alung Banua. harus di cek lagi. Tapi…kemungkinan besar bukan di Pulau Bunaken, karena karakteristik pantai yang sempit dan laut yang drop off, bukan landai berpasir lebar seperti ini..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s