Kevin Carter dan Pulitzer

Sebelum membaca lebih lanjut, perlu saya tegaskan bahwa Kevin Carter tidak memiliki hubungan darah dengan Nick Carter. Hehehe. Kevin Carter adalah jurnalis foto dan anggota “Bang-Bang Club“, sebuah grup fotografer gokil yang terdiri dari 4 orang: Kevin Carter, Greg Marinovich, Ken Oosterbroek, dan Joao Silva. Dua dari empat orang ini berhasil memenangkan pulitzer, yaitu Greg dan Carter. Saya akan bercerita versi alternatif dari foto Carter yang berhasil memenangkan pulitzer itu pada tahun 1994.

Cerita yang banyak beredar adalah Carter bunuh diri setelah mendapat pulitzer untuk karya fotonya di Sudan pada tahun 1993. Foto itu menggambarkan seorang gadis kecil dengan tubuh kurus kering, kemungkinan sedang sekarat, dengan latar belakang burung bangkai yang sedang menunggu kematiannya.

Setelah memenangkan pulitzer, Carter menerima gelombang kritik karena dianggap tidak berusaha menyelamatkan gadis kecil itu tapi malah memotretnya. Rumor pun berkembang. Media berkata, Carter menulis di buku hariannya ”Ya Tuhan, aku tidak akan menyia-nyiakan makanan lagi walau rasanya setidak enak apa pun.” Penelusuran BBC belakangan menyebutkan bahwa Carter tidak pernah mengucapkan atau menulis kalimat itu.

Lebay. Seperti kebiasaan media untuk mengembangkan cerita lalu membumbuinya dengan rumor dan mitos, cerita dibalik foto ini terlalu lebay. Foto itu tidak dibuat di tempat terpencil atau sepi, tetapi di sebuah acara pembagian makanan PBB pada warga Sudan. Saat memotret, Carter berlutut sekitar 20 menit di depan anak itu. Burung bangkai datang belakangan, lalu Carter menggunakannya sebagai latar belakang. Dia sempat menunggu burung bangkai itu mengembangkan sayapnya, tapi mungkin burung bangkai itu tidak mau menarik perhatian karena di sekitar lokasi itu cukup ramai. Bahkan orang tua si gadis kecil lagi sibuk ngambil makanan. Setelah mengambil gambar, Carter lalu mengusir si burung.

Dalam buku berjudul “The Boy who Became a Postcard”, Joao Silva yang bersama Carter di tempat pemotretan bertutur kepada penulis Jepang, Akio Fujiwara.

Saat itu, tanggal 11 Maret 1993, Carter dan Silva mendarat di bagian utara Sudan untuk meliput kelaparan parah yang sedang terjadi di sana. Mereka berdua turun dari pesawat PBB yang memang akan menurunkan bantuan pangan. Tim kesehatan PBB memberi tahu keduanya bahwa mereka akan tinggal landas lagi 30 menit kemudian.

Dalam 30 menit itu, tim PBB memang membagi-bagikan makanan. Carter dan Silva cukup terkesima melihat orang-orang kelaparan yang berebut makanan pembagian. Anak yang dipotret Carter pun dipotret Silva walau tidak dipublikasikan. Menurut Silva, Carter memotret dari jarak sekitar 10 meter dan di belakang Carter adalah suasana orang ramai berebut makanan.

Satu yang penting dari kejadian itu adalah seusai memotret, Carter duduk di bawah pohon dan tampak tertekan.

”Dia berkata rindu dan ingin memeluk Megan, putrinya,” kata Silva. Carter memang punya seorang anak perempuan bernama Megan, kelahiran 1977, di luar nikah dengan Kathy Davidson, seorang guru sekolah.

Pada waktu bunuh diri pun, surat yang ditinggalkan Carter berisi tulisan sebagai berikut:

”I am depressed … without phone … money for rent … money for child support … money for debts … money!!! … I am haunted by the vivid memories of killings and corpses and anger and pain … of starving or wounded children, of trigger-happy madmen, often police, of killer executioners… I have gone to join Ken if I am that lucky…”

Carter tidak bunuh diri semata-mata akibat foto pulitzer-nya. Dia bunuh diri karena depresi oleh realitas yang disaksikannya, dan, utang. Pada tanggal 27 Juli 1994, beberapa minggu setelah menerima pulitzer, Carter menutup diri di dalam mobil pickup-nya, lalu mengalirkan gas knalpot ke dalam mobil hingga dia meninggal.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s